Friday, October 30, 2009

Monev2009_Aceh Tengah [2]

Kamis
Selain mengunjungi pemda kita juga dateng ke donor2 yang ada di Aceh Tengah, mereka fokus untuk bantu di bidang perkebunan. Abis wawancara kita diajakin ke kebun kopi yang mereka tangani, ya ampun asiknya !!! mana kebun itu pernghasil biji kopi organic yang suka diekpor salah satunya ke amrik (starbuck), buset ternyata biji kopi nya ya dari aceh. Kata donor, di Amrik punya mesin khusus untuk manggang kopi dan dijadiin bubuk, mereka gamau dikirim dalam bentuk bubuk :-O.

Oia ini proses pembuatan kopi bisa diliat digambar di bawah ya Ternyata prosesnya ribet banget, gambaran umumnya (dr ingetan gw ya, ho3 :))):
1. Nanem pohon kopi
2. Pohonnya berbuah, hmmm 5 tahun bukan ya masa nanemnya, lupa, he3
3. Nunggu buah kopi nya merah
4. Di dalam nya ada 2 biji
5. BIji kopi itu dijemur berkali-kali, ada standarnya berapa jam nya
6. Lupa gw ini mesin apaan, ha3
7. Biji kopi yang dijemur tadi dimasukkin ke mesin untuk dibuah kuliat arinya
8. Pindah ke mesin lain
9. Masih di mesin yang sama
10. Nah ini biji kopinya udah dipisahin kulit ari yang tipis dengan biji kopi, jadinya biji kopinya kecil banget. Trus mesinnya juga canggih nanti ada standar biji kopi yang buletannya besar dan kecil itu bisa dipisah, ada saringannya gitu. Yang buletan besar akan diekspor, kl buletan kecil kayanya dijual di Indonesia aj


11. Nah begitu deh jadinya kopinya, kopi yang belum digongseng warnanya ijo.
12. Ini mesin untuk misahin biji kopi, berdasarkan ukuran dan bentuk sempurna/tidak
13. Nah kl kopi lagi panen, ternyata proses memisahkan kopi berdasarkan ukuran dan bentuk dilakukan oleh masyarakat setempat, ibu2. Masya allah tu biji kopi kan kecil bener ya, jereng dah
14. Biji kopi yang kiri yang kurang bagus, dan biji kopi kanan yang sempurna
15. Biji kopi yang kualitas bagus dikarungin di karung goni. Pstt karungnya khusus loh, diimpor juga, gubrak. Untuk kopi emang paling bagus simpen di karung goni, katanya mereka.
16. Ngangkut kopi karung goni
17. Ngangkut kopi karung putih
18. Masuk deh ke bis untuk dimasukkin ke container, ho3 untuk dikirim ke pembeli


Sebelum dikirim dalam jumlah banyak ke luar negeri, pembeli biasanya minta dikirimin sample nya, untuk digongseng disana, dank l ok, baru deh dikirim segambreng. Nah si donor ini sebelum kirim sampel, mereka punya mesin khusus untuk gongseng kopi, kita ditunjukin caranya, hmmmm wangi betul. Pas pulang eh seorang dapet 1 kotak kopi gayo (kopi bubuk organik), sayang gw bukan pecinta kopi, hmmm mini kopi buat calon papa mertua aj deh, ho3, nanti gw kirim ke madiun. Wisata kebun kopi menyenangkan !

Ngomong2, hari ini kami makan di tempat yang sama lagi, siang dan malam di resto seafood itu, astaga ! Untung ditraktir =)).

Jumat
Pak hermani udah pulang duluan kemaren, jadilah hari ini tinggal kita ber3 menuntaskan kerjaan trus pulang ke Banda Aceh. Tp sebelum pulang, foto2 lagi ah, mumpung rambut masi bagus ni, ho3. Siangnya maksi di resto seafood itu lagi, kolesterol dah, ho3. Oia dalam perjalanan pulang, mas sat minta berenti di pinggir jalan, ternyata kita naik ke suatu tempat yang bisa moto dengan background danau laut tawar itu, si pak darmawan ogah ikutan, jadilah gw dan mas syat gantian salig moto, ha3 :)). Di tengah jalan juga ketemu ama durian, menepilah kami. Ada bos duren ni, si pak darmawan penggila duren, slurp, lumayan makan duren dulu ni sebelum pulang ke Jakarta ;)).

Gw memajukan jadwal pulang ke Jakarta jadi naik pesawat terkahir dari Banda aceh, sedangkan pak darmawan dan mas sat mau pulang besok, ah ogah gw pulang besok. Sebenernya gw serem pulang sendirian, tp mo begimana lagi, besok mau ngurusin printilan nikahan. Eh astaga, pesawatnya delay hampir 4 jam, dan gw sendirian di bandara, huaaaa. Nyampe Jakarta jam setengah 1 pagi, dan br bener2 keluar bandara jam 1. Huhuhu ngantuk berat :((:((:((!

No comments:

Kembali Lagi

Oh astaga... Blog ini udah terlantar, ga ada postingan lagi sejak 2015. Sekarang udah Mei 2017  Sejak pindah ke kantor baru gegara ...