Wednesday, October 14, 2009

Monev 2009-Aceh Singkil [1]

Monev kali ini akhirnya gw bukan ke banda aceh dan sekitarnya, tp ke aceh singkil. Btw yang ke Aceh Singkil cuman ber3 yaitu gw, mas syathiri, dan pak mashudi aj, tim lain ke aceh utara. Nah kita beruntung ni karena pak mashudi itu orang aceh singkil, jadi labih tau lah daerah sana, ho3. Berhubung aceh singkil lebih deket ke medan, jadi di sana ga wajib pake kerudung dan baju lengan panjang, jadi kesempatan ni, gw ga bawa baju lengan pendek dunk, ho3. Baiklah berikut ceritanya :D.

Minggu
Naik pesawat pagi ke medan trus naik mobil sewaan ke aceh singkil. Berhubung jalannya berkelok2 disarankan untuk tidur2an, ho3, 8 jam saja, gleg. Kocak deh perjalanan dari medan ke aceh singkil :D dimulai dari daerah dingin ke panas, trus peliharaan dari ada yang melihara anjing mpe melihara ayam, ada kebun2 juga di bandung, hmmm enak, airnya juga duingin di sepanjang perjalanan, soalnya kan ngelewatin pegunungan. Supirnya udah berpengalaman bolak balik medan-aceh singkil, berhubung perjalanan lumayan lama, dia juga uda nyiapin lagu2 terbaru, asik lah :)). Trus di jalan kita beli jeruk brastagi yang terkenal karena manisnya itu, dan emang bener, slurp. Oia katanya qta akan ngelewatin danau toba, tp kl mau mampir ke danau toba ga mungkin, jadilah kami hanya liat dari jauh (jauh banget, yah setidaknya keliatan lah dikit tu danau, ho3). Kita maksi di resto padang, karena inilah yang paling halal, di t4 langganan si supir.


Kita nyampe aceh singkil uda malem jam 6an, langsung d ke hotel alviya. Abis istirahat bentar, mandi, trus beberes trus kita makan malem, menunya ya begitulah (liat gambar ya). Hiks kayanya susah deh wisata kuliner di aceh singkil, ya mo begimana lagi, beda tempat beda pula makanannya :|. Kata pak mashudi di aceh singkil yang terkenal adalah kerangnya yang gendud. Gw si kaga doyan2 amat itu moluska kerang, gw mah pecinta kepiting sejati, ho3.

Senin
Sarapan di deket hotel, menu disini ada nasi uduk+telur dadar+gule kerang. Trus keliling2 wawancara, dan maksi kepiting raksasa ;)), duh nama resto nya lupa euy. Kepitingnya gede banget loh, asik =P~ !!! untuk mengimbangi kolesterol maka qta harus minum es timun, ho3. Begitu kepitingnya dateng gw uda buking si capit terbesar, dan si pak mashudi dan mas sat ngalah, ha3. Ukuran capitnya itu setengah piring, wuhuuuu mantep dah. Enak banget daging semua, dan segar ;) yaeyalah wong masi idup pas mau dimasak baru dianiyaya dipukul kepitingnya, kasian juga si tp kan keluarga kepiting banyak ya, jadi gapapa kita makan.


Ke aceh singkil katanya harus mampir ke makan seorang ulama di sini, yauda dianter pemda qta mampir dan liat2, dan poto2 dari luar, eh ada orang2 lagi pada doa di dalem. Abis poto dari depan kita cabut. Oia suasana aceh singkil bisa diliat di gambar di bawah ya. Malemnya makan malem di kedai deket hotel, tp t4 yangberbeda tp oh ternyata makananya hamper mirip, gleg ! yasudah daripada sakit makan aj dah :(.


Selasa
Hari ini sarapannya pengen lain dari yang lain akhirnya nemu di kedai lain, tp ga jauh beda juga si, qta makan nasi uduk+telur balado+bihun, ho3. Abis muter2 wawancara dan kunjungan lapangan kita makan di restoran aceh, akirnya makan enak walo aga mahal, gw makan gule kepala ikan, slurp. Abis itu lanjut lagi kerja, dan kita nemu tukang gorengan enak, ada pisang goreng, ongol2 dan tempe, ya ampun ga ada bakwan/bala-bala. Malemnya setelah tepar berkeliling kita muter lagi ke kedai lain, akirnya nemu ada menu sayur, dari minggu gw ga makan sayur loh. Nama t4 makannya barokah, dan ada papan yang isinya menu dengan ejaan salah, contohnya ada ifo mie, mie hun, mie tiau, chap cai, mi kankung blacan, just, pokay, blimbing, , kocak. Gw makan capcay dan jus apel, yang lain nasgor :D.

No comments:

Kembali Lagi

Oh astaga... Blog ini udah terlantar, ga ada postingan lagi sejak 2015. Sekarang udah Mei 2017  Sejak pindah ke kantor baru gegara ...