Friday, October 16, 2009

Sunburn di Aceh

Hiks oleh2 dari Pulau Banyak : sunburn parah ! :(( :(( :((

Nekadnya gw dan mas sat, hiks. Si Mas Sat nikah awal desember, dan gw akhir februari. Awalnya gw ga ngeh kl itu kulit udah kebakar, karena perih2 biasa, eh taunya tambah perih apalagi kl abis mandi pas andukan, trus kulit lengan yang ga ketutup baju itu anget/panas, bagian badan yang ketutup baju teteup bo nembus belangnya, dang w pake baju bahan katun tipis lengan pendek, kumplit dah. Awalnya sunburnnya bikin kulit merah, dan karena gw item jadinya merahnya ga terlalu keliatan, besok2nya langsung item kuadrat.

Nah gw browsing da tu ke internet cara mengobati sunburn, dan juga nanya ke orang2, jadi gw menerapkna beberapa hal :
1. rencana spa batal karena kulitnya masih sunburn,
2. beli olive oil katanya kulit yang sunburn olesin olive oil aj, ampe mengkilap banget saking banyaknya, ho3
3. olesin pake lidah buaya, hiks dingin sesaat aj, abis itu panas lagi

Astaga panik berat !!! Mau nikah februari kulit belang belontang gini, pengen nangis. Trus gw baru inget buset napa kaga nanya dr lia aj ya (dr lia=dokter kulit muka gw), dan beginilah tips dari dr lia :
1. Minum celestamine 3xsehari untuk 2 hari pertama, dan hari ketiga 2xsehari aj
2. Kulit menering dan bersisik itu wajar setelah terkena sunburn, coba dikompres selama 3 hari (sehari 1 x) pake kapas gulung besar yang udah dicelupin 3 menit ke air dingin segayung plus baking soda 1 sdm. Trus kapas direntangin, jadi tangan kaya diperban sama kapasnya. Kompres selama 15 menit
3. Kulit jangan di scrub
4. Kl ada bintik air (kaya cacar) jangan diminum celestamine nya, sebaiknya dikompres aj
5. Kl ga gatel/udah baikan dengan kompres si obat gausah diminum lagi, kl ad ayang kering dan item di tangan atau badan, oleh pakai krim malem (ml3) dan paginya pake krim pagi (b3mv). Itu krim muka ku.
6. Pakai olive oil, jangan body butter/lotion
7. Sabun mandi pakai yang cair merek dettol karena kulit lagi luka/sensitive
8. Jangan pakai pewangi ke kulit
Berhubung gw nanya dr Lia seminggu setelah peristiwa sunburn, jadinya ga perlu lagi minum celestamine nya, gw menerapakan kompres pake baking soda, hmmm dingin.

Ya Allah semoga sunburn ku segera sembuh ya, amin :)

No comments:

Kembali Lagi

Oh astaga... Blog ini udah terlantar, ga ada postingan lagi sejak 2015. Sekarang udah Mei 2017  Sejak pindah ke kantor baru gegara ...