Saturday, April 03, 2010

Persiapan yang Ribet

Kebetulan?
  1. Pas Jun pindahan rumah ke Depok dia menemukan selembar kertas yang dulu pernah gw kasih pas ngasi CD foto2 dari liburan jogja. Nah di surat itu (yg entah kenapa ko bisa ketemu aj), gw nulis : Jun, lain kali traktir tiket dan akomodasi keluar negeri dong” (suer ini becanda doang loh, saat itu gw kan belum jatuh cinta ma jun ;))
  2. Trus impian gw “menemani suami kerja diluar negeri”. Ya ampun gw br ngeh setelah dikasi tau temen gw kl keinginan gw itu udah dikabulin Allah, soalnya kan jalan-jalan ini dalam rangka menemani Jun training ke Itali selama 2 minggu. Padahal mksd gw kan menemani suami diluar negeri dalam jangka waktu panjang bukan hanya 2 minggu, lain kali gw make a wish nya detail ah :)
  3. Pernah terbersit pengen deh keliling Eropa. Tp berhubung keterbatasan pendanaan, jadi keinginan itu gw turunin jadi keliling benua Asia aj dulu (Thailand, Singapore, dll)

Allah punya cara untuk mengabulkan wish umatnya, jadi ini mungkin namanya rejeki beruntun : gw keterima jadi CPNS di Kementerian ituh alias dah kerja tetep (nyokap dah lega), nikah, dapet kado ulang tahun suami, B-), trus bonusnya nemenin Jun ke Milan 2 minggu, dan dibolehkan ama pak bos, bayangkan saat itu gw anak baru banget. Makasi banyak ya Allah :-*.

Tp semua itu tidak semudah itu gw dapatkan, ada beberapa rintangan dong. Tp kali ini yang gw bahas ttg persiapan berangkat ke Milan aj ya :-SS

1. Jun bilang kalo dia udah dapet undangan training di Milan tanggal 7-22 Maret dari Nokia Siemens Network Milan, dan undangannya baru diterima di awal bulan Februari, dan di akhir Februari kita nikah. Ya ampun pusiang. Mana persyaratannya VISA banyak yang harus dilengkapin kan @-).

2. Izin ke Pak Bos
Dalam rangka menemani Jun ke Milan, yang kurleb 2 minggu, gw disuruh Jun tanya bs ijin nikah berapa lama. Apah? Langsung gw panik kuadrat, masa libur nikahnya lama banget. Setelah diitung2 akhirnya gw hanya ijin 1 hari H+1 setelah nikah (mampuslah tepar tepar deh, gpp demi ke Milan), dan ijin 2 minggu tanggal 8 sampe 22 maret, masuk kantor tanggal 23 Maret. Whooaaaa semoga dibolehin ya :D.

Besoknya, gw langsung manis2 ama pak kasubdit ...
“ Pak, saya boleh ijin 2 minggu ga nikahannya, tp ijinnya seminggu setelah saya nikah, jadi bulan Maret. Boleh ya Pak soalnya saya mau nemenin suami training 2 minggu di Milan pak. Saya belum pernah ke Itali Pak *muka melas banget, ha3*
“Boleh aja”
“Ha? Boleh Pak?”
”Soalnya kerjaan juga masih sedikit bulan Maret, kamu pergi aj”
“Oia Pak, hari Senin nya abis saya nikah, saya boleh ijin sehari ya Pak”
“Ok”
“Makasih Pak” *pengen loncat-loncat kegirangan, ada untungnya pak kasubdit cuwek ginih, asik”


Lanjut ijin ke pak kasi dan ibu kepegawaian (yang awalnya hanya membolehkan gw ijin seminggu). Alhamdulilah akhirnya aku dibolehkan, horeee . Langsung bikin surat ijin, soalnya CPNS belum bisa cuti, he3. Sama bikin Surat keterangan bahwa gw emang kerja disitu dang a akan cari kerja di Italy, untuk keperluan VISA.


3. Apply Schengen Visa
Ini ribet, ga boleh diwakilin, dan harus daftar online dulu ke Kedubes Italy di www.ambjakarta.esteri.it, untuk bisa ngajuin aplikasi Visa Schengen, yah bagus juga si jadi gausa ngantri dari pagi2 buta kan. Trus gw harus melengkapi persyaratannya untuk TOURIST VISA :
  1. Valid Passport, gw baru buat Desember 2009 lalu, jadi masi freshbanget kan, ho3. KL paspor Jun masi berlaku 2tahun lagi, ho3.
  2. Copy of the first 4 pages of the passport
  3. Application form
  4. 2 pas foto (standard ICAO), yang mukanya gede bukan ukuran pas foto biasa
  5. Tiket PP (in original or photocophy or confirmed booking), pake Emirates
  6. Tavel insurance (minminum coverade 30.000 Euro), untungnya ini yang ngurus travel kantornya Jun
  7. Bank reference Letter, recent bank statement (last 3 month). Gila gw bikin ke BNI (soalnya di BNI yang masi ada duitnya, ho3, bikin bank reference letter seharga 200rb jadinya 1hari)
  8. Original sponsor letter dari Kantor gw, ini katanya buat jaminan kl kita ga akan cari kerja di Italia
  9. Hotel reservation/accommodation for the whole period of stay in the Schengen area, fiuh di Holiday Inn bintang 4, ho3
  10. Documents certifying family status (Kartu Keluarga)
Nah kl jun untuk BUSINESS VISA aga beda dan ada tambahan :
  1. Bank Reference Letternya kantornya Jun
  2. Invitation Letter from the company in Italy, dan ini harus di fax atau email dari NSN Italy ke Kedubes Italy di Indonesia
  3. Original sponsor letter dari Kantor Jun yang ngejelasin kl si Jun emang ke Italy mau training aj

Arghh pusing gw, pas gw apply visa kan belum nikah, jadi blm ada surat nikah, sedangkan Jun juga udah minta agar nama dimasukkin ke Invitation Letter dari NSN Italy as wife. Pusing ga ya tu orang2 yang meriksa berkas2 kita, jadi biar lengkap berkas2 KUA kita masukin juga, ha3. Gilaaa, pontang panting banget ngurusin ini visa, karena bisa 1-2 minggu prosesnya, jadi maksimal ini semua harus dimasukkin tanggal 19 Februari paling lambat, ya ampun seminggu sebelum nikahan, mau nangis :(.


Cobaan 1
Pas mau masukin berkas segambreng (Jumat, 19 Februari 2009) dan dibantuin agen kantornya Jun, astaga ternyata berkas kita ditolak! :(( Karena si smailing travel di blacklist ama Kedubes Italy, si smailing ngurusin tiket dan hotel. Padahal awalnya Jun udah mau pake Vayatour/Bayobuana, eh dia malah nurutin temennya yang pake Smailing. Gila stres kuadrat, itu mepet banget kl kita balik Senin kesana lg, krn visa baru keluar kl lelelt bisa 2 minggu aj.

Cobaan 2
Abis itu daftar online mau masukin berkas untuk hari Senin tanggal 22 Februari, dan kita langsung ganti travel pake Vayatour, ini diurusin ama agen kantor Jun lagi. Alhamdulilah berkas kita diterima untuk diproses selanjutnya, dan bayar 1,6 jutaan untuk berdua. Ini kl ditolak nangis bombey, duitnya angus. Harap2 cemas, ini kabar visa nya di-approved atau ditolak, berarti hasilnya setelah kita nikahan alias di bulan Maret. Ah sudahlah yang penting dah masuk berkasnya, insyaallah visa nya terbit :-S.

Cobaan 3
Visa nya keluar tanggal 4 Maret dan berangkat tanggal 7 Maret, hore walopun mepet ya, dan ini beberapa hari sebelum keberangkatan dong. Kl ngambil visa nya bisa diwakilkan, jadi gw gausah ijin2 lagi :)).

4. Tiket
Setelah visa ada, trus Jun langsung issued tiket kita ke travel kantornya. Astaga masalah dateng! Gara-gara visa mepet itu, bukingan tiket kita sempet ga diperpanjang ama travel so bukingan gw yang di Emirates angus ngus ngus, dan berhubung udah mepet jadilah semua harga tiket itu jadi mahal. Kl tiket Jun kan ditanggung kantor ya, jadi dia mah ga masalah. Nah tiket gw ditanggung pribadi. Awalnya kita pilih Emirates (transit Dubai) karena lebih murah 900an dollar udah PP, eh kl pesen lagi sekarang jadi 1100 dolar, dan gajauh beda ama harga tiketnya Singapore Airlines (transit Singapore) 1200 dolar. Akhirnya Jun memutuskan kita naik Singapore Airlines aj *langsung pingsan gw harganya, ini overbudget pastinya* [-)

5. Check-In
Ternyata Singapore Airlines musti check-in online sekalian pilih bangku dan pilih makanan yang halal. Mampus, malem2 jam 11an di Depok (H min 1 ya) kita ke warnet dong hanya untuk check-in, dan ngeprint buktinya, ya ampun 8-|.

6. Baju Dingin
Di Itali lagi musim dingin, dan gw ga punya baju dingin satu biji pun, jadilah pulang kerja (seelah si Vsa keluar itu) kita ngibrit ke Pasaraya Grande Blok M (yang terdekat dari kantor gw), beli beberapa perlengkapan dingin, sisanya kita mau beli di Milan aja, dengan anggapan pasti lebih murah (krn musim dingin akan segera berkahir, jadi pasti pada diskon). Untungnya Jun dikasi budget 5 juta untuk beli printilan pakaian dingin ini, fiuh. Jun sendiri ga beli, karena baju dia pas 3 taun lalu training di Jerman masi muat dan kondisi nya bagus ;;)

7. Packing dan Printilan Lainnya
Hari H, ribet :-SS!!!
  • Rencananya kita berangkat dari Halim ke Cengkareng, dan barang-barang gw sebagian ada di Depok, masyaallah, jadi sebagian barang dari Depok itu pas hari H langsung kia bawa k Halim (barang gw dan Jun), dan itu belum di packing. Lagian si visa br keluar 2 hari sebelum kita berdua berangkat, hiks mepet. Trus kita naik motor!! Untung koper gedenya ada di Halim. Kenapa ga naik taksi? Karena motornya mau ditinggal di Halim selama 2 minggu kita di Milan, di rumah Depok masih kurang aman nampaknya.
  • Di tengah perjalanan, hujan aj dong, jadilah gw naik taksi ke Halim dengan berbagai barang-barang, dan Jun beli multi cooker mini dulu di Pasar Minggu(buat masak nasi, suamiku ini tak bisa hidup tanpa nasi, ho3, ke Itali pun bawa beras, he3) Oia selain itu bawa abon ama indomie, tadinya mau beli rending cuman ga sempet.
  • Sementara gw ke Halim, Jun ke Tebet nuker duit dari rupiah ke dollar dan euro itu pun mepet semua, Jun bawa cash cuman dikit krn mikirnya nanti digesek pake CC corporate (Citibank), jadi semua tinggal di rembes aj.
  • Sesampainya di Halim, kurang lebih jam 2 siang dan gw belum packing sama sekali, untung pesawatnya malem. Abis itu dengan kekuatan super gw langsung packing, sementara Jun yang ternyata lupa ngeprint semua peta di Milan dan berkas2 dia untuk ke Milan, trus printer di rumah gw itu tinggal item putih jadilah peta subway dalam hitam putih semua.
Astaga, jadi gaya ini ke Milan, ribet amat semuanya :-O.

Alhamdulillah, dengan berbagai macam rintangan printilan di atas, alhamdulilah berhasil dilalui, nanti malam kami ke Milan-Italy, yayyyy :D/

No comments:

Kembali Lagi

Oh astaga... Blog ini udah terlantar, ga ada postingan lagi sejak 2015. Sekarang udah Mei 2017  Sejak pindah ke kantor baru gegara ...