Friday, April 09, 2010

Verona

Kamu mau kemana lagi? Kamu yang pilih aja
Aku mau ke Rumahnya Juliet !!!

Ok

Menuju Verona, kita naik Eurostar dari Milano Centrale menuju Verona Porta Nuov. Harganya 17,5 euro sekali jalan, perjalanan 1,5 jam saja, jadi berangkat jam setengah 10 dan nyampe jam 11. Di sepanjang jalan wuah banyak sekali kebun anggurnya, sayang karena lagi musin dingin, ga ada de tu anggur2 nya sengihnampakgigi

Verona itu di antara Milan dan Venice, trus kotanya mirip ama Venice ,ya bangunannya dan ada kanalnya, trus sama2 romantis pastinya kenyit . Oia kesini udah pake sepatu keds yang dibeli di Fidenza kemaren, jadi jalan2 pun nyaman, ho3. Sampe di stasiun trus jalan deh, eh ngeliat toko kebab, kita brunch dulu deh. Ya ampun itu kebab dagingnya banyak banget, tipis tp ditumpuk jadi banyak, ampe perlu pake garpu makan isinya, dan gw habis aj makan segitu gedenya kebab, ha3.

Jalan lagi, eh ada taman yang ada patung cewe cowo (ky Romeo Juliet) langsung narsis, foto2 deh. Trus sampai deh di Piazza Bra alias pintu gerbang masuk ke Verona. Trus kita beli Verona Card, itu tiket masuk ke obyek wisata di Verona, harganya 10 euro untuk paket 1 hari. Kl ga pake itu kartu, kudu bayar deh masuk ke obyek wisatanya, kan lumayan menghemat peace.

Btw dalam sehari, ini beberapa yang kita kunjungin, dan ternyata cuman dikit.

Roman Arena
Katanya ini peninggalan kekaisaran Roma, tp masi bagus jadi masi suka dipake untuk pementasan opera sembah. Gw dan Jun muterin dari lorong bawah ampe atas, dan foto2. Eh tiba2 ada orang yang nyanyi berasa di panggung opera gitu, trus selese nyanyi, pada keprok2 orang2 disana, ho3. Di luar Arena banyak orang pada pake kostum tentara Romawi ama Romeo&Juliet, mksdnya foto bareng mereka, tentunya kaga gretongan, ketukmeje padahal pengen juga poto2 ama mereka.

Casa di Giulietta
Akhirnya sampe ke Casa di Giulietta atau Rumah Juliet. Sebenernya tokoh Romeo dan Juliet ini ga ada, tp make Verona sebagai latar belakang ceritanya. Trus taunya ada rumahnya, dan malahan jadi salah satu obyek wisata di sini senyumkenyit.

Gerbang masuk ke rumahnya Juliet, penuh coretan nama2 pasangan (di tembok, pager, dll) dan tempelan kertas isi nama pasangan yang ingin kisah cintanya langgeng. Sayang gw ga bawa spidol, jadilah gw ikutan meninggalkan jejak pernah kesana, gw ngerobek kertas dan nulis Petty love jun, ha3 trus diselipin deh ke kertas2 yang banyak itu. Kl yang lain mah pada pake post it gitu. Gembok juga ga bawa lagi, krn si gembok kepake buat gembokin koper. Hi3…. Ga penting senyumkenyit.

Trus lanjut deh masuk ke dalemnya, rumahnya besar. Mampir ke balkon, coba merasakan jadi Juliet rindu, ha3. Eala ada bule bule pada ciuman di balkon. Ckckckck. Oia trus di dalem rumah itu kaya museum, ada bajunya Juliet, baju Romeo, tempat tidurnya, piring dan gelas, dan ada perapian, dan bangku2 nya tinggi betul melebihi tinggi gw ho3. Lanjut ada ruangan tempat kirim surat buat si Juliet, bisa lwt email (ketik langsung) atau tulis tangan nanti masukin ke kotak pos. Ha3 dan gw ikutan dong, ikutan kirim email ke si Juliet, iseng2 aj sengihnampakgigi.

Nah si balkon ini yang katanya fenomenal, tempat Juliet nungguin Romeo, yah tempat pacaran deh sambil ngegombal kalimat2 lomantis, aih aku mau Jun digombalin
malu. Trus sebelum pulang foto ama patung Juliet, katanya kl megang dadanya Juliet di patung itu, nasibnya baik nah gw ikutan dong bareng turis2 yang lain. Gw dah bilang ke Jun dia mau ga, ha3 gelakguling.

Oia di Verona kita mampir ke Piazza Erbe, itu kaya pasar, ada sayuran, buah2an menggiurkan (ada buah2 keluarga berry : bluberry, strawberry, blackberry, dll), souvenir, dll. .Kita beli souvenir aj, biasa magnet kulkas, lumyan lebih murah daripada di Milan. Trus ada air mancur Madonna of Verona, hi3. Tdnya pengen beli buah2an itu, sayangnya gw udah megang gelato rasa yogurt dan lemon duluan, asem... tp enak jelir

Yasudah abis dari situ kita jalan lagi, dan melewati toko sepatu made in itali, lucu2 dan mahil. Jun beli sepatu, gw gigit jari aj deh ngeliatin. Gpp jun aj yang beli, setidaknya kan ada made in itali nya, gw masih setia ama Charles n Keith deh, ho3

Torrei dei Lamberti

Dah ngeliat plang nya, tp ga masuk karena ga ngeh kl itu salah satu obyek wisata, hiks oon, sebel sebel. Itu padahal tower bisa ngeliat pemandangan Verona dari atas, hiks. Nah disekitar situ ada patungnya Signor Dante lagi mikir, ha3.

Museo Archeoligico dan Teatro Romano
Kita mampir ke Museum barang2 bersejarah, isinya cuman ada patung dan batu2 yang mungkin ada nilai sejarahnya gitu ihikhik.

Untung agak tinggi jadi bisa ngeliat Verona dari atas, wah bagusnya love.

Nah di deket museum itu ada Teatro Romano, mirip Arena, kata web yang gw baca si Teatro Romano digunain sebgai tempat penyelenggaraan festival ato opera gitu. Nah ini dia, di Verona ada kucing lagi, hi3… lucuuu, diem aj gw sayang2 ihikhiklove

Abis dari sini kita memutuskan pulang aj, dan dengan pede nya nyetop bis yang kita anggep menuju stasiun. Trus NYASAR nangih !!! Astaga ternyata itu bis bukannya ke stasiun tp ke daerah perumahan yang namanya Santa Lucia. Kita baru sadar di tengah jalan, soalnya ko rasanya semakin jauh dari peradaban, trus untung ada anak2 ABG yang ngarti bhs inggris, jadilah kita dibantuin dia nanyain ke sopirnya ttg rute balik ke stasiun. Omg ternyata ini bis satu-satunya (jadi bolak balik gitu) dan rute nya bukan ke stasiun, jadi percuma gw dan Jun berenti di tengah jalan karena bis baliknya ga ada. Yang bikin lega ini bis balik lagi ke stasiun, tp jam 7 malem karena ini ngetem setengah jam. Gila buang-buang waktu 1,5 jam bolak balik. Huhuhu untung ada kereta malam yang terakhir ke Milan gigil.

Pas ngetem itu, si sopir bis baik hati, dia bilang krn kynya ga ada yang mau naik, yauda kita berangkat aj, ngetem cuman 5 menit dong dan dia ngambil jalan pintas biar kita cepet sampai stasiun, pake ngebut juga. Trus kita ga diturunin ampe stasiun, karena emang bukan rutenya, tp udah deket. Pas turun itu, si sopir bilang kl ga ada penumpang lain, dia mau nganterin kita ke stasiun loh…. Baik yaaaa….ihikhik

Castellovecchio
Yg td diturunin ama si sopir bis, ternyata kita diturunin di Castellovecchio, yang salah satu kastil tua di Verona. Berhubung uda malem dan lagi buru2 takut ketinggalan kereta, jadinya foto2 sekilas aj, ga ampe liat2 ke dalem lagi, yang pasti kastil nya lebih gede yang di Milan, he3.

Abis dari situ trus kita buru2 jalan kaki ke stasiun, ga mau naik bis, takut ke sasar lagi. Udah nyoba nanya orang, eh dia ga bs bahasa inggris, nasib. Gilaaa jalan setengah berari ke stasiun, untung keburu naik kerea Eurostar jam 8, nyampe di Milan jam setengah 10, langsung tepar.

Wah.... tamat deh petualangan di Italy sengihnampakgigi
Jun, selanjutnya ke Paris dan Roma ya, London juga boleh, hmmm kl keliling Eropa aj gimana? *ngarep* peace