Tuesday, March 20, 2012

Cerita Melahirkan #1


Jumat, 3 Februari 2012
Jumat malem leyeh-leyeh di sofa sambil dipijet kakinya ama jun, eh kram perut 2 kali saja, sampe ga bs bdiri tegak, tp abis itu kram nya hilang, hmmm mungkin krn hamil gede ya. Abis itu tidur deh.

Sabtu, 4 Februari 2012
Pagi-pagi senam hamil lagi di RS BUNDA MARGONDA, duh posisi senam hamil ini bikin nyut2an miss v, nasib hamil udah gede bener,ha3. Abis itu ama jun ke GRAMEDIA depok,ih cinta jg gw ama ini gramed walau ga segede yg d matraman. Kita cari buku dongeng, rencananya mau gw bacain buat si dede pas cuti ini, trus nemu dong buku 'melahirkan tanpa rasa sakit' tdnya gw cari-cari dimana-mana udah abis, eh disini banyak bgt. Tp kt jun gausah beli,udah mau brojol jg, mana sempet mau baca, ha3. Trus jadinya beli bukunya Dr tiwi ama si buku dongeng tebel. Setelah bayar membayar,mampir k counter tas Polo, jun naksir tas ransel yg deskon 50 persen, tp sayang mba penjaganya lg istirahat dan kalo mau beli tas itu harus pake bon, jd disuruhlah kita balik lagi setengah jam kemudian.

Yowis gw n jun cabut makan siang dulu ke MANG ENGKING, buset dari margonda trus ke UI trus nanti ke gramed lagi dan terakhir rencananya emang mau ke Margo City. Untung ga penuh, kita pesen gurame bakar madu, udang saus tiram, ama tumis kangkung. Nom nom nom ...bumil laper.

gurame, udang saus tiram, tumis kangkung, ludes semua, ha3

Balik maning k GRAMEDIA,tp gw doang yg turun, jun parkir d di deket gramed itu, biar cepet. Gw jalan pelan2, naik tangga pelan2,ngos2an bo. K counter tas td, dan deskon aj,abis itu lgsg bayar. Hore hun kamu dapet tas ransel baru.

Mampir lg k MARGO CITY, hanya ingin k giant blanja bulanan, dan emang pengen cepet2 aj, biar bs cepet sampe rmh. Nah di giant, beli bangku putih krn diskon, buat nambah2 kursi di rumah,ha3. Di saat lg keliling belanja, kl gw cape tu kursi dikeluarin beberapa kaludr troly dan gw duduk sambil nungguin jun muter2. Nekat jg ya bumil 39w masih mau ngemol, kaki udah pegel, punggung apalagi. Nah trus gw kram yg kaya semalem itu di bagian udel ke bawah. Mulai parno, ngeliatin jam jun (jam gw gamuat lg d tangan,jd ga pake jam dl), kram nya masi ga teratur tp lama2 ko makin sering.

Kt dr irham, tanda2 mau melahirkan kontraksi, flek, ama pecah ketuban. Gw mengira kram itu bukan tanda2 krn kt org kan mules2,gw ga mules2. Tp mulai panik, nelp mba yuki, ktnya cek k toilet kl ada flek itu udah tanda2 nya. Abis itu k kasir langsung pulang, sementara jun ambil mbl,gw nunggu d lobby pake kursi itu.Ha3.

Pas sampe rmh, lgsg k toilet. Omg lemes gw, ada bayang2 coklat, lgs rebahan takut kl ketuban pecah, dan tambah fokus liatin jam,omg udah 15-20 menit sekali,tp masi blm yakin. Trus kasitau jun,kita bdua sama2 bengong, dan gw .. GW BELUM SIAP !!! Kenapa blm siap, karena : 
  • Botol blm disteril (ktnya kan bawa aja botol sendiri sapatau bebi kita dirawat dan hrs pake botol)
  • Koper si udah d mbl dr kapan tau,tp ada yg kurang yaitu cd n bra menyusui, ha3.
  • Buku bagian melahirkan ensiklopedi dr miriam blm tamat dibaca.
  • Box bayi blm dipasang
  • Stroller jg masih d kardus
  • Pinjeman breastpump medela minel dr isti udah ada, tp blm disteril dan blm dibaca petunjuk penggunaannya. Oia tp membran nya kan rusak, gw udah bli online, tp br sampe rmh hr senin. Langsung pening gw.
Hahahah kaga penting banget alesan gw, hi3. Yasudahlah, kl dede mau brojol sekarang gpp, ho3. Trus gw mandi berlama-lama, keramas, scrub pake body polish stroberi bodisop, tiba2 mules pengen pupi, ama nyukur daerah bawah sana, drpd dicukur ama suster rs, hi3. Oia gw mandi pake bangku, setiap perut aga sakit gw istirohat. Sementara gw mandi, jun sterilin botol+breastpump, ama masukin koper k mbl lg, ama bw laptop.

Abis gw mandi, tiduran sambil ngeliatin jam, ngitungin kontraksi. Huaaa... Ini mah beneran bukan braxton hicks, krn udah mulai teratur. 17.30,  17.45, 17.55, 18.01, 18.07, 18.16, 18.20. Abis jun mandi, sholat, kita makan dulu. Kenapa ga buru2 ke RS, karena sebsnernya hr ini jadwal kontrol dr irham, jd kita k rs nya dipas2in biar kontrol dulu sebelum ke ruang bersalin, biar yakin gitu. 

Jm stgh 7an brgkt menuju RS Bunda, panik, macet n perut makin ga enak. Pas udah mu sampe, suster telp gw, katanya dr irham udah closing ga trima pasien lg (krn gw telat blom sampe2, jd tereliminasi) krn mau k RS Bunda menteng ada pasiennya yg mau melahirkan. Apahh! Langsung lemes gw. Gw kan juga mau melahirkan !!!!!

Nyampe d RS langsung k ruang praktek dr irham, susternya nyuruh kita langsung ke ruang bersalin, dan nanti dr irham nyusul k ruang bersalin. Trus langsung ke ruang observasi, loh ko gw dianggurin begini, kaga ada suster or bidan dong. Tnyata hr ini tumben2nya yg melahirkan ada 6 org termasuk gw, dan gw org terakhir d malam ini. Katanya dr pagi ga brenti2 yg brojol, jd sibuk smua aj, bt.

di ruang observasi dan ruang bersalin nih 

Akirnya si bidan muncul, sebelum di CTG disuruh pipis dulu, ternyata udah ada lendir darah di cd, ini mah positip gw bakalan melahirkan hr ini. CTG kurleb 1 jam karena stgh jam pertama kurang meyakinkan hasil CTG nya. Eh trus dr irham dtg, dia liat hasil CTG dan dia blg, yah hr ini pasti melahirkan. Trus dia mhn maap ijin mau lgsg  k bandung ada urusan keluarga (lah td suster blgnya dia mo rs bunda menteng, ihh), gw dioper k dokter lain, pilihannya dr dian atau dr ivan. Gw dl pernah blg dalem hati mau melahirkannya ama dr ivan, smg terkabul, gw kembali k dr gw dr awal hamil si dr ivan. Tp ternyata dr ivan ga bs dihubungin, jd lah dr dian yg akan menolongku melahirkan, yaudah gw udah pasrah.

Abis itu diperiksa dalam ama bidan, omg rasanya ga banget !!! Hasilnya gw udah BUKAAN 6 dong, itu jm stgh 10 malem ya. Haa???? Degdeg an banget. Abis itu ganti baju kimono, ga perlu pake kain2 panjang buat nutupin ternyata, hi3 nyokap gw udah lebay aj disuruh bawa 2 biji kain panjang. Bidan bilang, krn gw mau melahirkan normal jd bakalan sering periksa dalam untuk cek pembukaannya. 

Abis itu tiduran di ruang bersalin, ruangan nomor 3. Jun ngurusin admin nginep dan dapetnya kelas perdana yang gabung bareng pasien umum, karena kelas perdana di lantai 2 yang khusus abis melahirkan udah full yang tersisa kamar kelas 2, ogah !! Abis itu mama ku datang, sedangkan ade nyusul tengah malem datengnya krn dia piket dulu di mess. 

Sekarang mulai berasa mules2nya, kerjaan gw liatin jam aja yang emang ada di depan muka, ngitungin berapa menit lg kontraksi muncul,huaa. Agar kuat ngeden makanlah yg banyak, gw makan 1 donat (si ade bw dunkin donuts), 1 sandwich isi selai kacang dr rmh sakit, 1 gelas teh manis, 2 gelas air putih + 2 sendok kurma dicekokin jun. Jam stgh 12 malem tambah mantep mulesnya. Si suster/bidan periksa dalem lagi, anjritt !! kaga enak banget tu rasanya. Eh trus dr dian dateng mau periksa dalem lagi, yup ga nyampe 5 menit udah diperiksa lagi. Yaoloh 2 kali d waktu yg berdekatan. Bidan bilang gw cuman boleh hadep kiri/kanan biar bebi nya cepet menuju jalan lahir. Tiduran telentang enak jg, perut ga terlalu sakit jdnya. Gw telentang kl perut udah sakit banget

Minggu, 5 Februari 2012
Mules tambah hebat !!! Si mama blg gw ga boleh nangis, tp air mata gw ngalir sendiri (tp bukan nangis loh, he3). Si mama bawain handuk kecil buat lap keringet katanya, tp tu anduk gw pake buat gw plintir2 menahan sakit, ama nutup mulut biar gw ga jerit-jerit. jun berterimakasihlah pada handuk itu, tangan mu aman ga kena cubitan maut ku, ha3. Bidan dateng lg jm stgh1, menyemangati gw dan bilang dr ivan dalam perjalanan kesini. Haa??? Asikkk dr ivan yg bantuin gw melahirkan. Mules udah ga tertahankan, mana udah pengen ngeden tp ga boleh ama bidan krn belum bukaan 10, trus air ketuban gw blm pecah aj dong. Mama ampe ga tega liat gw katanya, gw dibolehin nangis ha3. Bidan periksa dalam lg, mau nyongkelin tu air ketuban tp ga jd, mungkin nunggu dokter.

Jm 1an  dr ivan dateng, dicek dalam lagi, dan akirnya sodara2 udah bukaan 10 trus ketuban dipecahin. Start ngedet jm stgh2 lwt 10, disuruh ngeden pas perut lg kontraksi kenceng, astaga itu ko si bebi ga keluar2, gw disuntik pahanya (tnyata itu induksi) biar kontraksi lancar kata dr ivan. Udah 20 menit, tp blm brojol jg, gw jg udah mule cape n lemes, jun tetep nyemangatin dr sebelah gw. Dr Ivan blg si bebi udah kelamaan d jalan lahir kayanya harus di vacum, si bidan n suster siapin peralatan yg menurut gw menyeramkan itu. Oh tidak, gw lgsg stres, ga bs bebi ku ga boleh di vacum, gamau, nanti kepalanya memar. Abis itu ngeden lg, entah kekuatan dr mana gw tiba2 bisa aj melahirkan si bebi, bahkan saking semangatnya ngeden, distop ama dr ivan, hi3. Alhamdulilah dede lahir jm 2.10 pagi, ga langsung nangis tp abis itu nangis, legaaaa bgt. Lgsg liat kelengkapan anggota tubuh (soalnya gw ga usg 4D), alhamdulilah lengkap tidak kekurangan seuatu apapun tapi oh tapi kenapa kepalanya lonjong gituh,hiks nasib kelamaan d jalan lahir, semoga segera membulat, amin.

"Lucu, kecil yah" itu ucapan gw pas liat dede. Tp ko gw n jun kaga ada acara nangis-nangis terharu gitu ya. Jun jg nampak senang, yaiyalah, hi3. Oia gw digunting alias epistomi, huaa, trus jait daerah miss v dimulai, sementara si dede ditaro di dada masih belepotan blm di lap, beberapa menit (lupa ga liat jam pula), gw kasih jari gw, dan dipegang ama dede, hi3. Lucuuu. Trus dede di lap dibersihin sebentar, trus ditaro di dada gw lagi, IMD ceritanya, tp kayanya cuman bentar setengah jam, dan dede tidak berhasil ke puting gw, apa krn ditaronya d dada bagian tengah ya. Arghhh gw kurang informasi ttg IMD ini, sedih. Selama IMD tadi itu Jun bisikin azan+qomat di kuping dede. Abis itu dede dibawa suster k ruang bayi untuk diobservasi. Apalin muka dan gelang tangannya 42, jangan ampe ketuker ky disinetron. Welcome my little baby boy.

Setelah jait menjahit selesai, foto dulu dong ama dr ivan, yaoloh ganjen amat gw ya, hi3. Heran gw,ko masih ada energi ya, apa krn sarikurma td,ho3. Abis itu gw digantiin kimono lagi dan pindah ke ruang observasi, disuruh tidur 2 jam dulu br nanti dipindahin k kamar. Mari tidur dulu, ngantuk.

dr ivan dan ayahbunda dan dede

Selamat datang k dunia jagoan cilik ayahbunda, we love you.

No comments:

Kembali Lagi

Oh astaga... Blog ini udah terlantar, ga ada postingan lagi sejak 2015. Sekarang udah Mei 2017  Sejak pindah ke kantor baru gegara ...