Saturday, March 24, 2012

Cerita Melahirkan #2

Minggu, 5 Februari 2012

Masih di ruang observasi jam 5 pagi dibangunin suster, ganti baju trus dianterin ke kamar. Di kamar ada si mama n ade yg tidur d sofa, tepar, sedangkan jun tidur di mobil biar bisa selonjoran. Trus gw tidur lagi deh, si dede blm dianterin karena masih diobservasi. Jam 9 pagi bangun, dan karena udah 6 jam dr melahirkan (normal) jadi udah boleh jalan. Yaudah pelan-pelan ama jun kita liat bebi azka d ruang bayi, horee kepalanya udah ga selonjong pas lahir, fiuh. Oia nama panggilannya udah pasti Azka, tp untuk nama lengkap masih didiskusikan. 
azka di kamar bayi, masih diobservasi

Azka masih diobservasi, mana dia bayi terakhir yg lahir jd dpt giliran terakhir diobservasi dr 7 bayi. Kt suster nanti siang di anterin k kamar, di RS Bunda Margonda ini sistemnya rooming in, jadi bayi sekamar ama kita. Oia berat Azka 3,64 kg panjang 51cm, ha3 montoknya. Dan ternyata dia bayi yang “besar” dibandingkan teman-temannya yang lahir pas hari itu. Ckckckck. Itu minggu 39 lahirnya udah seukuran itu, gmn kl lahir di 40-41 minggu.

Balik lg ke kamar, makan, tidur-tiduran ama sms teman temin ttg kelahiran azka. Siang baru deh mandi, soalnya ada temen yg mau berkunjung, masa gw butek bgitu, ho3. Ampe bosen di kamar, si Azka baru dianterinnya sore, alesan suster sekalian mandi sore, ihhh tega nya. Abis itu belajar nyusuin azka, diajarin suster. Alhamdulilah si kolostrum ada, hi3. Tp susternya blg putingku kurag nongol, dikasih penarik puting olala sakit ya ditarik.

Ih lucunya azka, anak sendiri emang paling ganteng sedunia. Idungnya mancung, Allah ngabulin permintaan gw, gw dulu blgnya ya allah smg dede idungnya ngikutin mama ku atau bapaknya jun, dan yg lainnya terserah allah aj yg penting yg bagus2 dan baik2 dr sisi gw+jun yg nurun k azka, amin.
begini ya rasanya jadi orangtua baru, he3
Malemnya mama dan ade pulang, mertuaku nanti selasa br dateng. Selama nyusuin azka kan gw duduk ya, lah itu kaki ko masi bengkak ya, mana paha+ betis rasanya pegel bgt. Kalo perut yah kontraksi kan rahim nya, rasanya ky mau haid, kaga enak, hiks. Kata mama krn peredaran darahnya blm lancar abis melahirkan dan Jun berbaik hati mijetin, hi3.

Senin, 6 Februari 2012
Gw masih belum boleh pulang, jadilah main2 ama azka ajah. Jun pulang ke rumah bawa pulang pakaian kotor, ama ambil membran breastpump yang udah sampe, hi3. Jadi ya itu koper  gausah saklek banget harus berapa biji bawanya, toh suami kita bisa pulang lagi untuk bawa kl kurang, i3 dengan catetan rumahnya deket ya kaya gw.

Sore ke malem si azka rewel bgt, dan anget badannya. Semakin malem malah jd demam, udah mencapai angka 38,5 jadilah azka diungsikan k ruang bayi. Gw stres takut kenapa-kenapa si azka. Trus langsung dites darah (pdhl hrsnya besok), hasilnya bilirubin tinggi ampe 14. Padahal golongan darah azka, gw dan jun sama (Gol B), kl golongan darahnya sama ga bakalan tinggi, cihh cuman gosip tuh. Trus susternya blg semua bayi yg lahir disini ga ada yang dijemur paginya, krn takut kena polusi. Jm 11 malem azka mulai disinar, langsung 2 lampu aj. Jadi kan gw mompa tiap 2 jam sekali.
azka lagi disinar, hiks
Susternya sempet blg kt dokter terserah mau asi atau sufor, krn bebi nya butuh banyak cairan. Abis itu karena gw gamau sufor, kerjaan gw mompa aj tiap 2jam pake si minel. Krn gw ga baca bukunya, yaampun pas make minel gw pegang terus tombol start nya, ampe sakit tu jari telunjuk nahan, eh pas ke berapa kali make br ngeh kl itu bs dicetekin,ha3 oon bloon. Hasil perahan cuman basahin dasar botol, tp gpp positip thinking aj. ASIP dikasih ke azka via dot ama susternya. Gw pake botol sendiri, tommie tippie ama calma medela, tp azka lebih doyan pake tommee tippee


Selasa, 7 Februari 2012
Mertua dateng dr madiun, rencananya 1-2minggu d depok, jadi ada 2 nenek di sini, sama2 cucu pertama, berebutan gendong, gw tersaingi aj. Nyokap+mertua sejoli banget nyuruh gw pake sufor, maklum gw dan jun korban sufor dulunya. Pake bilang kasian anaknya demam karena kurang asi, huaaa pengen nangis gw dibilang asi sedikit. Mana pake bilang apa ga kasian ama anak sendiri, demam gitu, bukannya dikasih sufor. Gw nya lgsg BT kuadrat, ini nenek2nya azka ko bgitu sih, untung jun juga tetep mau bertahan dgn asi. Saking frustasinya, bias asi meningkat, gw minum de tu sari kurma, kapsul lancar asi, propolis, teh sacred tea, ama si moloco. Diseling2in semuanya, gw ampe bingung mau minum yg mana saking banyak bener.

Diajarin merah pake tangan ama susternya, omg tu aerola ko dipencet, sakitttt bgt. Yg nganterin asi kdg2 jun, kdg2 gw, kdg2 berdua, pokonya jengukin azka terus. Untung ga nangis2 gw nya selama azka disinar. Menyusui langsung sebaiknya jangan kt suster, nanti ganggu penyinaran, tp kl 1-2x boleh lah. Nah azka kan suka emosi kl nyusu, ga sabaran, trus puting gw blm nongol bgt, jd drpd dia nangis2 jd mending diperah jdnya.

Sore menjelang malem, badan mule anget2 demam, kt suster itu krn tubuh lg produksi asi, jd sebaiknya sering nyusuin ato diperah. Yasudah berhubung azka lagi disinar gw perah lah. Oia dapet donor ASIP dari Isti 3,5 botol, dan baru ngeh, anaknya cewe jadi ga bsa besanan dong kita, hi3.

Rabu, 8 Februari 2012
Demam kemaren ternyata lanjut lagi, gw mengigil ga keruan. AC kamar udah 27-28 bahkan sampe dimatiin, gw berasa kedinginan banget. Kt suster jaga, gw harus nyusuin ato diperah asi nya segera. Untungnya abis itu mendingan mengigilnya,tp teteup kaga enak tu badan, ampe gw dikasih sanmol biar panasnya turun, hiks. Sambil demam gitu, sambil merah jg. Huaa... Pusiang pala nih. Semoga azka cepet turun bilirubinnya, aku kangen sekamar ama azka. Jun bertugas mijetin gw, kaki ko masi bengkak aja sih, ini berarti peredaran darah blm lancar.


Kamis, 9 Februari 2012
Oia udah disepakati juga nama lengkap nya jadi Azka Mahardika, hi3 soalnya mau nitip rumah sakit aja yang ngurus akte kelahiran (biaya 250rb kl ga salah), daripada rempong di kemudian hari.l Katanya kurang lebih jadinya sebulan kemudian.

Billirubin azka udah trn jd 9, jd boleh pulang. Dokter bilang banyakin ASI, kl emang mau pake sufor untuk tambahan pake yg hypoallergenic krn blm ketauan azka ini alergi susu sapi apa ga. Semoga ga demam lg kt dokter. Fiuh lega, asik gendong2 azka lagi nih. Pulang ke rumah baru bisa jm 3 karena baru beres urusan administrasi, maklum kl asuransi kantor yang bayar ribet prosesnya. Total biaya selama azka di RS hampir 15jt, alhamdulillah gesek asuransi dari kantor jun aj, budget melahirkan normal hanya ditanggung 15jt, kl cesar bisa 30 jt. Untung  kaga nombok, karena pilih kmr perdana 500rb/hari bukan VIP 1,5jt/hari, kl VIP pan gw nombok banyak. Ada sih yang ga ditanggung asuransi, kaya pampers azka selama disana, ama apaan gitu kurleb 300rb.

Oia baju pulang k rmh azka kegedean banget, ternyata azka tu imut yah, mau diganti baju lain tp udah nanggung, udahlah di rmh aj, hi3. Ayo azka kita pulang.
azka :*

No comments:

Kembali Lagi

Oh astaga... Blog ini udah terlantar, ga ada postingan lagi sejak 2015. Sekarang udah Mei 2017  Sejak pindah ke kantor baru gegara ...