Wednesday, March 28, 2012

Azka 0 Bulan

Baiklah ini cerita setelah pulang dari RS, fiuh mari dimulai ....


Aqiqah
Azka aqiqah pas 14 hari setelah lahir, karena ngepas2in ama ibu mertua ada di Depok. 
Emak gw? Ngambek dong, katanya ko ga diskusi dulu ttg syukuran aqiqah ini, mana pake bilang ga nganggep si mama lah, ini lah, itu lah, buset, pusing juga gw. Tp akhirnya jadi juga tu sukuran aqiqah, trus kita pesen paket prasmanan di catering deket rumah. Oia si mama bilang pokoke ga boleh digunting rambut azka, nunggu 35 hari (selapanan) yang akan dilaksanakan di rumah mama nanti. Ohmigod pusing ga sih, gw nurut2 aj daripada nanti rempong

Vendor aqiqah : Azzam Aqiqah (2 kambiang ama nasi kotak untuk dibagiin)
Vendor Catering :catering deket rumah, duh ko lupa namanya
Pengajian : ibu2 kompleks, yang mana gw kaga kenal hampir semua dong
Oia abis acara, whuaaa kado azka buanyakkk banget, makasih ya, hi3 

Oia ga ada yang motoin dong, gw nya lupa karena ngurusin azka, bo baru 2 minggu gw jadi emak2.


RS dan NICU
11 feb, berat 3,3 kg
Pertama kali kontrol ke dokter, pas si azka umur 6 hari. Pas ngantri dokter, si bocah nangis minta mimi, ke ruang menyusui lah gw di RS Bunda Margonda itu, dan penuhhh, untung ada yang keluar jadi gw bisa duduk. Pas gw nyusuin mulailah keringet dingin, azka nangis-nangis melulu, dang w ga pake baju menyusui (jd lebih rempong aj jadinya) kita berdua belum klop cara menyusuinya. Tambah panik dong, mana emak2 disana pada nanya-nanya, 
“ ini anak pertama ya?”,
“Beratnya berapa?”,
“Wah itu putingnya belum keluar?” dll
Hikss sedih deh. Emang si gw merhatiin mereka pada canggih2 amat menyusuinya, yaiyalah anaknya udah pada gede. Pas masi menyusui itu dipanggilah gw, sedangkan tas bayi gw titip jun, jadilah gw dipinjemin selimut ibu sapa gitu buat butupin dada. Catet, kl ke ruang menyusui bawalah tas bayinya juga, trus di dalemnya bawa apron menyusui ya, itu berguna banget (menurut gw) pas anak masih newborn.

Hasil dari dokter, karena azka masih demam disuruh diinjeksi, gw kira kan disuntik ya, ternyata diinfus bo. Menurut dokter, obat yang kemaren kayanya ga mempan, jadi kudu diinfus. Kl gw baca2 di internet, ini jangan2 si azka dehidrasi jadi dia demam, kita menyusui nya belum enak, jangan2 dia salah posisi hiks. Oia lanjut lagi ke cerita injeksi, abis denger kabar itu nangis-nangis lah gw (maklum masih babyblues bo), dan pikiran udah macem-macem. 
Azka nginep di NICU
Berhubung gw bertekad ASI Eksklusif, jadi gw ikutan nginep di RS, biar bisa mompa dan langsung nganterin ASIP ke azka, dibawalah pompa minel elektrik, sterilizer crown, sikat botol, dan sabun sleek. Setiap 2 jam kan mompa ya, tus disteril, ampe bosen gw. Ternyata oh ternyata, setelah baca2 dan nanya2 temen dikasih tau lah kl pompa an cukup disterl 1 kali sehari, sisanya bilas aj ama air panas, huaaa telat banget infonya. Oia jun juga nemenin nginep, cuti nya diperpanjang. Makasih yah *kecup*. Btw gw jadi inget ada suster yang bilang ASIP gw sedikit, dan yang bikin tambah stres kl dapet telpon dari susternya yang bilang azkanya nangis mau minta susu. Azka dirawat 4 hari 3 malem dan alhamdulilah sehat lagi, total biaya 3 juta, untung dibayarin asuransi kantor jun.

20 feb (15 hari) berat 3,38 kg, panjang 51 cm, imunisasi polio
Ke RS lagi, imunisasi polio nya baru sekarang karena nunggu azka sehat setelah dirawat di NICU. Trus dicek berat badannya cuman naik sedikit, gw disuruh top up sufor. Gw iya iya aj, males berdebat. Trus yang azka alergi itu dikasih salep deh. Setelah dari dokter, ke klinik laktasi yang ada di RS Bunda. 

Breastfeeding
Omg ternyata menyusui itu tidak mudah!! 
Mana selama hamil gw ga baca2 tentang menyusui, cara memperbanyak ASI, posisi yang oke, tentang teknik mompa, tentang ASIP dll. Gw malahan fokus ke proses pmelahirkannya aj, itu salah besar. Jadilah selama menyusui gw curi2 browsing tentang menyusui itu, padahal kan kl menyusui harusnya ga disambi ama yang lain2, maafkan bunda Azka, huhuhu. Selain browsing gw juga follow si @ID_AyahASI, lumayan nambah ilmu lah. Dulu pas mau ikutan seminar ASI dari AIMI, si jun kaga tertarik, karena bentrok ama jadwal senam hamil dan keluar duit lagi bbrp ratus ribu, huhuhu padahal gw kepengen banget (ok, penyesalan biarlah berlalu).

Hasil dari klinik laktasi , mau ngecek apakah gw susah menyusui, soalnya si azka berat badannya dikit naiknya. Dan ternyata memang agak sedikit salah posisinya. Yah namanya pun emak baru, masih belajar. Nipple puller, nipple shield semuanya gw cobain saking stressnya tentang breastfeeding ini, mana kl disusuin masih sakit ni put*ng, hiks, untungnya ga lecet or bedarah. Trus kl menyusui kan harus banyak minum, gw udah kaya onta, minum melulu kerjaannya.
ayah, bunda dan azka
Azka
  • Kulitnya terkelupas sedikit demi sedikit, mau ganti kulit kali ya. 
  • Kukunya cepet banget panjangnya, trus mau gunting ga ada yang mau (ibu/mama/jun), jadilah gw yang gunting karena gw emaknya, ha3. Kuku bayi ko rasanya kaya gunting kertas, tipis amat, horror. 
  • Sebulan ini azka tidur melulu di siang hari, malemnya melek, alias begadang lah gw. 
  • Baju newborn nya masih pada kegedean, gw sukanya baju jumper tutup kaki kl newborn, hi3 lucu aj 
  • Suka duduk/bobo di bouncher nya, fiuh, lumayan deh kl rewel taro disitu pasang getar nya, diem deh 
  • Azka bruntusan/bentol2 gara2 alergi. Gw makan ikan kembung berhari2, gara2 pembokat gw ijin mau ke muara angke ketemu sodaranya, dibawainlah gw sekresek penuh ikan kembung. Abis itu ga ngeh kl ternyata si azka ko jd bruntusan bentol2 mukanya, hiks. Trus ke dokter, dikasih salep, dan untuk sementara gw puasa telur, produk susu dan turunannya, seafood, kacang-kacangan. 
  • Puput tali pusar di hari ke 10, dan udelnya bagus bentuknya, ga bodong *semoga* 
  • 2 minggu aja yang wajib pake bedong, trus sisanya kadang2 pake dan kadang-kadang enggak, pokoke sarat aj selama sebulan ini pake bedong, itu amanat ibu mertua n si mama. 
  • Sebulan ini azka tidur di box bayi nya, ga seranjang ama gw, huaa kayanya ini keputusan yang salah deh, pantesan gw belum tau nikmatnya nyusuin sambil tiduran. 
Azka bobo, slurp menggemaskan
Azka lagi melek
Baby Blues
Begadang? Yeuk…. Cencu aj lah ya. Ibu mertua ada di rumah 2 minggu jadi ada yang bantuin gw. Tapi yang ada gw malahan baby blues aj, cemburu dong ama mertua gw, kl azka nangis langsung digendong ama beliau, sedangkan gw tugasnya gantiin popok aja (kl pipis n pupi), Yang ngejemur azka, ikutan begadang juga si ibu. Mamaku dimana? Beliau kerja, ga bisa jaga cucu, malahan gw disuruh ngungsi ke pondok gede sana, mana mau si ayah, soalnya ga ada AC juga, hi3. Trus rasanya semua orang merhatiin azka, kaga ada yang perhatiin gw *maap lebay*
uti dan om nya azka
Bundanya Azka
  • Sebulan ini gw berasa kumel n kucel.
  • Mandi selalu buru2, kl dulu pake shampoo n conditioner, sekarang cukup shampoo aja, 
  • Luluran? Kaga mungkin banget, huhuhu. 
  • Krim muka? Lagi istirahat selama 6 bulan ini, jadi beralih ke thebodyshp, itu pun ga rutin make nya
  • Rambut gw panjangggg banget, ga pernah2 sepanjang itu. Mau ke salon kaga mngkin banget, hiks
  • Blanja online to the max, terutama beli clodi masyaallah. Ha3

No comments:

Kembali Lagi

Oh astaga... Blog ini udah terlantar, ga ada postingan lagi sejak 2015. Sekarang udah Mei 2017  Sejak pindah ke kantor baru gegara ...